Listrik Statis (SMA Kelas 12 / KTSP 2006) PENDAHULUAN

Halo, Fisikas!

Lama tidak berjumpa setelah postingan sebelumnya. Kali ini kita masih akan membahas mengenai listrik. Pada zaman ini, banyak orang yang seakan-akan tidak bisa hidup tanpa listrik. Orang-orang begitu bergantung pada listrik. Coba kalian pikir. Jika sekarang  kalian sedang berada di rumah, kalian sedang begitu asyik bermain komputer atau menonton televisi. Kemudian, listrik di rumah kalian mati. Jika kalian sedang menggunakan wi-fi dan tiba-tiba listrik mati. Jika kalian sedang bermain game mobile di gadget kalian dan tiba-tiba baterai gadget kalian sedang sekarat. Apalagi kalau baterainya bocor. Apa yang kalian rasakan? Pasti tidak mengenakkan, kan? Jangankan gadget. AC atau kipas angin mati pun pasti sudah mengeluh panas, kan? :D

Listrik dinamis adalah listrik dengan muatan yang bergerak dan memiliki pemicu untuk bergerak. Listrik statis adalah listrik yang muatannya tidak bergerak atau diam, tidak ada pemicu untuk bergerak, tetapi ada sesuatu yang bergerak dalam listrik statis, yaitu atom. Sekedar mengingatkan saja supaya kalian tidak lupa. :)
 
Dalam blog ini, kita akan membahas mengenai listrik statis. Tentu kalian sudah mengetahui tentang listrik statis dan listrik dinamis.
A.     Biografi Tokoh Fisika
Berikut merupakan salah satu tokoh fisika yang penemuannya berkaitan dengan listrik.
https://internasional.kompas.com/read/2018/09/25/22162771/biografi-tokoh-dunia-michael-faraday-bapak-listrik?page=all
Gambar 1: Michael Faraday
            Michael Faraday lahir pada tanggal 22 September 1791, Newington Butts. Beliau wafat pada 25 Agustus 1867, Hampton Court (75 tahun). Penemuan-penumuannya termasuk banyak, di antaranya adalah Klorin dan karbon klorida baru, teknik Pembakaran Bunsen, gas menjadi cairan, elektromagnetik rotasi, induksi elektromagnetik (penemuan terbesar), Hukum Elektrolisis, Efek Faraday, diamagnetisme, Kandang Faraday. Michael Faraday juga disebut dengan "Bapak Listrik". Bapak Listrik ini mulai tertarik dengan kelistrikan ketika beliau membaca karya Jane Marcet yang berjudul "Conservations of Chemistry". Berbagai hal beliau alami. Mulai dari yang menyedihkan sampai yang mengagumkan. Beliau pernah diperlakukan yang tidak semestinya. Ia di perlakukan seperti pelayan pada saat ia memiliki status sebagai Asisten Kimia di Royal Institution. Beliau pernah menerbitkan makalah yang berisi tentang analisisnya terhadap kalsium hidroksida yan berjudul "Quarterly Journal of Science". Di usianya yang ke 29 tahun, beliau diangkat sebagai Inspektur Laboratorium Royal Institution. Kemudian, menjadi Direktur Laboratorium Royal Institution. Beliau menikah dengan Sarah Barard. Pada 1833, beliau menjabat sebagai Fullerian Profesor Kimia hingga Tuhan memanggilnya kembali. 

Demikian info singkat tentang Bapak Listrik kita ini :)


B. Aplikasi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Gambar 2: Mesin fotokopi

        Ada banyak penerapan listrik statis. Di antaranya adalah mesin fotokopi, penangkal petir, pengendap elektrostatis, sisir rambut, penggaris dengan wol, generator Van de Graff, cat semprot, printer laser, elektrokardiograf, thermin, dan lain-lain. Mengapa mesin fotokopi? Mesin fotokopi menggunakan listrik statis untuk menyalin cetakan dari halaman satu ke halaman yang lain. Xerografi adalah sebutan untuk proses penyalinan ini.


         Saat menggunakan mesin fotokopi, permukaan fotokonduktif mendapat muatan listrik positif. Kemudian, penggunanya memaparkan gambar dokumen pada permukaan fotokonduktif. Jika terdapat tulisan atau gambar pada dokumen tersebut, muatan positifnya tetap ada. Akan tetapi, jika tidak terdapat tulisan atau gambar pada dokumen, sifat konduktifnya hilang sehingga tidak terlihat perubahan pada lembaran yang akan mendapat salinan dari dokumen. Lalu, muatan negatifnya? Nah, muatan negatifnya disebar dan menempel ke area gambar bermuatan positif karena daya tarik elektrostatis. Kertas salinan diletakkan di dalam mesin fotokopi. Kertas lalu mendapat muatan positif. Kemudian, bagian kertas salinan akan memiliki muatan positif pada bagian di mana ada gambar atau tulisan pada dokumen asli. Bagian ini akan membuat tinta fotocopy keluar dan membuat kertas salinan mirip dengan aslinya.
 
https://www.amongguru.com/10-bentuk-penerapan-listrik-statis-dalam-kehidupan-sehari-hari/
Gambar 3: Cat semprot
         Sekarang, apakah kalian berpikir “kenapa cat semprot?”. Nah. Ternyata cat semprot pun berhubungan dengan listrik statis. Catnya diberi muatan listrik yang berlawanan dengan muatan dari benda yang dicat. Cat pun akan tertarik pada benda yang dicat. Ketika cat bergesekkan dengan mulut pipa semprot dan udara, cat tersebut menjadi bermuatan.

C. Perspektif Kristen mengenai Listrik

          Dalam Kejadian 1:31 dikatakn bahwa Allah melihat segala yang diciptakanNya dan mengatakan bahwa semua itu sungguh amat baik. Dalam Yesaya 55:8-9 berkata “(8) Sebab rancangan-Ku buaknlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman Tuhan. (9) Seperti tingginya langut dan bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.” Listrik statis ini diciptakan Allah dan ditemukan oleh manusia hanya karena Allah sendiri. Kalau ini bukan rancangan Allah, listrik statis tidak akan pernah ada sampai saat ini. Sebab rancangan manusia dapat dibatalkan, tetapi rancangan Tuhan akan terus berjalan dan tidak dapat dihentikan.

Kesimpulannya...
Listrik statis adalah listrik yang muatannya tidak bergerak atau diam, tidak ada pemicu untuk bergerak, tetapi ada sesuatu yang bergerak dalam listrik statis, yaitu atom. Listrik statis ini Tuhan ciptaka dengan suatu tujuan yang pasti, karena apa yang Tuhan lakukan tidak pernah sia-sia.
 
Lanjut dengan materi Gaya Listrik di postingan berikut!
Baca:  Listrik Statis (SMA Kelas 12 / KTSP 2006) GAYA LISTRIK
 
Sumber:
1. Utomo, A. (2018). "Biografi Tokoh Dunia: Michael Faraday, Bapak Listrik". international.kompas.com. https://internasional.kompas.com/read/2018/09/25/22162771/biografi-tokoh-dunia-michael-faraday-bapak-listrik?page=all , diakses pada 4 Agustus 2019, pukul 20.34. 
2.   Riyanto, A. (2018). "10 Bentuk Penerapan Listrik Statis Dalam Kehidupan Sehari-hari". www.amongguru.com . https://www.amongguru.com/10-bentuk-penerapan-listrik-statis-dalam-kehidupan-sehari-hari/ , diakses pada 12 Agustus 2019, pukul 20.56.


Komentar

  1. Halo Seleng... Senang berjumpa denganmu lagi :) Iya yah sudah lama kita tak berjumpa.. Apa kabarmu? 😂😂😂😂 Blogmu bagus sekali! Saya suka! Saya suka! Tolong cek blog saya yah charityqueency@blogspot.com

    -Jgn lupa komen e selen-

    BalasHapus
  2. WAHHH KERENN ... SAYA SUKA BLOG INI KARENA MENYAJIKAN MATERI DENGAN BAHASA YANG MUDAH DIPAHAMI ^^

    BalasHapus
  3. Asyiapp, keep up your hard work! :)

    BalasHapus
  4. Blognya keren banget Celine! XD
    Sangat lengkap informasinya :3

    BalasHapus
  5. Pembukaan yang sangat baik. Penulisan materi juga sangat rapi . Semangattt !!!

    BalasHapus
  6. Hai Celine blog Celine sangat menarik. Santi harap Celine bisa terus berkarya dengan membuat tulisan-tulisan yang lebih baik lagi.

    BalasHapus
  7. Hai Celine blog Celine sangat menarik. Santi harap Celine bisa terus berkarya dengan membuat tulisan-tulisan yang lebih baik lagi.

    BalasHapus
  8. Pembukaan blognya Celine itu menarik. Keep up the good work!

    BalasHapus
  9. Penjelasan yang mudah untuk dimengerti :)

    BalasHapus
  10. The pictures you inserted really helped me understand the topic really well! Good job!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer